Tes TOEFL mengharuskanmu mempersiapkan banyak hal penting berupa materi-materi yang akan diujikan. Dengan mengikuti tes TOEFL kamu akan mengetahui berapa skor dan level bahasa Inggrismu, maka tak heran jika banyak orang akan mengambil kursus bahasa asing, khususnya bahasa Inggris, sebagai persiapan matang sebelum menghadapi TOEFL.

Lalu, sebenarnya mater-materi apa saja sih yang akan diujikan dan harus dipersiapkan untuk TOEFL? Yuk simak ulasan berikut!

Reading

Reading bertujuan untuk menguji kemampuan dan pemahamanmu tentang sebuah teks. Teks yang disediakan dalam sesi reading bisa berbentuk apa saja.

Teknik yang harus kamu lakukan saat sesi ini adalah teknik membaca cepat, skimming dan scanning. Gunakan finger tracking agar dapat membantu matamu terfokus dan bergerak lebih cepat.

Sebelum kamu melakukan tes TOEFL usahakan untuk rajin membaca berbagai bacaan, membaca juga merupakan salah satu cara cepat belajar bahasa Inggris. Di sana kamu dapat menemukan banyak kosakata baru dan memahami penggunaan grammar bahasa inggris yang baik.

Listening

Sesi ini bertujuan untuk menguji pendengaran dan kepekaanmu terhadap apa yang didengar. Audio listening hanya akan diputar sekali selama tes TOEFL berjalan, jadi kamu harus selalu fokus dan konsentrasi. Coba dengarkan beberapa ide yang bisa kamu dapatkan, seperti siapa pembicara, apa yang dibicarakan, dan mengapa mereka membicarakan hal tersebut.

Writing

Pada sesi writing akan diberikan sebuah topik yang harus dikembangkan. Biasanya kamu akan diberikan waktu sekitar 30 menit untuk menulis sebuah esai dengan jumlah 200-300 kata.

Dalam hal ini, kreativitas sangat diperlukan untuk mengembangkan ide dari sebuah topik agar dapat berargumen dengan baik. Pastikan juga bahwa tulisanmu memiliki struktur yang jelas.

Speaking

Hal selanjutnya yang harus kamu persiapkan adalah speaking. Speaking merupakan materi penting dan salah satu cara cepat belajar bahasa Inggris. Speaking akan membantumu praktik berbicara menggunakan bahasa Inggris secara langsung. Jika kamu sudah terbiasa melakukannya, kamu akan mudah melewati sesi TOEFL yang satu ini.

Pada sesi ini biasanya kamu akan diminta untuk berpendapat tentang sebuah topik yang sedang hangat dibicarakan, membaca bacaan pendek, mendengarkan percakapan, kemudian menjawab pertanyaan dari gabungan beberapa hal tersebut dengan sesuai.

Tes TOEFL ataupun IELTS bukanlah sesuatu yang mudah, maka dari itu kamu harus menyiapkannya dengan sungguh-sungguh. Bila perlu, agar nilai tes TOEFL-mu semakin bagus, kamu bisa mengambil kursus bahasa asing online maupun offline.