Usia yang terus bertambah memang berpengaruh pada kondisi fisik lansia. Secara umum, memang para lansia akan memiliki fisik yang cenderung lebih lemah daripada mereka yang masih muda. Oleh karenanya, penting bagi lansia untuk melakukan olahraga secara tepat dan teratur. Kali ini akan dibahas tentang jenis serta waktu yang tepat untuk olahraga bagi lansia.

Perlu digarisbawahi bahwa memilih olahraga yang tepat bagi lansia adalah keharusan. Hal ini dikarenakan kondisi fisik yang sudah lemah, tentu para lansia tidak bisa melakukan olahraga yang terlalu berat. Juga, olahraga yang tidak tepat nantinya justru akan meningkatkan risiko yang merugikan, seperti cedera dan lainnya.

Manfaat Olahraga Rutin Bagi Lansia

Sebelum membahas tentang jenis olahraga yang tepat bagi lansia, ada beberapa manfaat yang olahraga bagi lansia yang harus diketahui. Manfaat ini tentu menjadi gambaran betapa penting seorang lansia untuk tetap berolahraga secara rutin.

Adapun beberapa manfaat yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Melancarkan peredaran darah
  • Menguatkan sendi dan juga otot
  • Mengurangi terkena gangguan kesehatan cardiovascular seperti gangguan jantung, stroke dan juga diabetes
  • Menghindari depresi yang berkepanjangan
  • Menghindari penurunan fungsi organ tubuh, terutama otak

Jika dilihat dari manfaat di atas, melakukan olahraga secara rutin adalah hal yang baik. Oleh karenanya, para lansia perlu untuk mengusahakan berolahraga dengan teratur.

Waktu yang Tepat Untuk Olahraga bagi Lansia

Pertanyaan yang kemudian muncul adalah kapan waktu yang tepat untuk olahraga bagi lansia? Sama seperti memilih jenis olahraga, menentukan waktu olahraga juga merupakan hal yang penting agar nantinya manfaat olahraga bisa didapatkan dengan maksimal.

Nah, terkait waktu yang tepat untuk melakukan olahraga, para lansia bisa melakukan olahraga sekitar 30 menit dalam satu sesi dengan frekuensi 5 kali setiap pekan. Selain itu, jenis olahraga nantinya dibagi seperti untuk kekuatan otot minimal dilakukan 2 kali seminggu dan olahraga untuk keseimbangan minimal 3 kali seminggu.

Jenis Olahraga yang Cocok Untuk Lansia

Berbincang tentang jenis olahraga untuk lansia, ada cukup banyak pilihan jenis olahraga yang bisa dipilih. Salah satunya adalah berjalan santai. Aktivitas ringan ini termasuk yang cukup efektif. Meskipun ringan, jalan santai bisa membantu menyehatkan jantung jika dilakukan secara teratur.

Selain berjalan santai, bersepeda juga bisa menjadi pilihan olahraga yang pas untuk lansia. Aktivitas yang satu ini memiliki manfaat yang cukup besar mulai dari menjaga kesehatan persendian, mengurangi stress dan juga menjaga kesehatan jantung secara umum.

Kedua aktivitas di atas tentu bisa menjadi pilihan yang tepat bagi lansia untuk berolahraga. Hanya saja, ada baiknya jika para lansia melakukan pemanasan terlebih dahulu agar tubuh mereka tidak kaget. Selain itu, tentu pilih waktu yang tepat untuk olahraga untuk manfaat yang lebih besar.