cara menjaga kelestarian lingkungan hidup di sekitar rumah meski sebuah pembahasan yang ringan dan terkesan sepele tapi masih banyak masyarakat di Indonesia yang masih belum memahami tentang bagaimana usaha untuk melakukannya. Salah satu usaha untuk menghadapi fenomena alam yang dapat merugikan kita sebagai manusia yang tinggal di bumi adalah dengan menjaga lingkungan terutama di sekitar rumah.

Lingkungan yang rusak sebenarnya tidak lain tidak bukan karena ulah manusia itu sendiri yang tidak sadar serta tidak mau peduli terhadap kelestarian lingungan terutama tempat tinggal mereka sendiri. Hingga semua ini terjadi yang mana lingkungan perlahan menjadi rusak, penyesalan mungkin datang di akhir ketika alam mulai memberikan tanda kerusakan alam.

Oleh karena itu untuk menjaga lingkungan agar tetap lestari dan sehat harus di mulai dari lingkungan sekitar rumah tempat tinggal. Apabila setiap individu mampu menjaga lingkungan sekitar maka secara tidak langsung kesehatan lingkungan serta lingkungan yang lestari akan terwujud di manapun berada.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa di terapkan agar lingkungan bisa menjadi sehat serta lestari

1. Kurangi atau gunakan kertas secukupnya

Bahan dasar pembuatan kertas adalah pohon, semakin banyak ataupun tinggi penggunaan kertas maka akan beresiko tingginya angka penebangan pohon yang menyebabkan pemanasan global. Hal ini di karenakan cepatnya proses penebangan lebih cepat di bandingkan proses pertubuhan pohon baru. Ketika turunnya penggunaan kertas karena beralih ke metode digital maka secara otomasi permintaan kertas menurun serta penebangan pohon juga menurun.

Saat ini sudah terdapat metode daur ulang kertas, jadi kertas yang sudah tidak terpakai di kumpulkan agar bisa di jual kepengepul untuk di daur ulang kembali

2. Hemat air atau gunakan air secukupnya

Air dalah sumber dari kehidupan manusia, dikarenakan mulai dari minum, makan, memasak, mandi, mencuci dll semuanya perlu air. Menerapkan tips no 1 maka secara tidak langsung juga berakibat pada sumber mata air. Masih banyaknya pohon juga mempengaruhi kualitas air yang di hasilkan.

Meskipun sumber mata air sekarang masih tergolong banyak ada baiknya kita menjaga sumber air untuk kelangsungan hidup anak cucu kita.

3. Hemat Listrik

Ketika memilih prodak elektronik sebaiknya pilihlah yang sudah menggunakan teknologi terbarukan yang sudah hemat listrik. Salah satu contohnya yaitu dengan memilih menggunakan lampu LED yang secara harga lebih murah dan hemat listrik, kalau berbicara terang tentunya sudah tidak perlu di ragukan lagi.

4. Pisahkan sampah

Sampah terdapat Organik dan Unorganik jadi sebaiknya kedua di pisah jangan di jadikan satu karena sampah unorganik tidak bisa di hancurkan oleh alam berbeda dengan organik yang anda pendam ketahan maka secara otomatis sampah tersebut menjadi tanah. Sedangkan unorganik anda harus membakarnya terlebih dahulu atau membutuhkan cara khusus untuk menghancurkannya.

Menerapkan hal-hal sederhana di atas meski terkadag tidak di sadari tapi sesungguhnya membuat lingkungan sekitar secara tidak langsung kembali lestari.