Siapa yang tak kena objek wisata Candi Borobudur, salah satu destinasi yang tak pernah sepi pengunjung dan masuk sebagai kawasan Destinasi Super Prioritas (DSP) di Indonesia. Buat kamu yang ingin kesana, ada program baru nih! Penasaran?

Jika biasanya, menjelajahi candi yang pembangunannya dilakukan pada abad ke-9 tersebut, dilakukan dengan berjalan kaki. Kini ada satu program wisata yang sedang dipopulerkan, yaitu Borobudur Trail of Civilization. Kamu wajib coba ikut programnya.

Apa Itu Trail of Civilization

Program ini, menjadi salah satu cara untuk memperkenalkan Candi Borobudur dengan sensasi baru. Yaitu dengan memberikan pilihan perjalanan di kawasan tersebut, dengan menggunakan transportasi tradisional maupun modern.

Kamu bakal bisa melihat candi yang ada di Jawa Tengah tersebut dengan cara berbeda, sesuai dengan relief dari bangunan tersebut. Semua akan dipandu senyaman mungkin oleh guide berpengalaman.

5 Rute Perjalanan Borobudur Trail of Civilization

Sejak diresmikan beberapa waktu lalu, terdapat lima rute perjalanan yang bisa dimanfaatkan bagi para pengunjung dengan wisata Candi Borobudur terbaru. Pastinya, tidak akan kecewa dengan informasi dan perjalanan yang dilalui.

  • Ancient Kingdom Trail

Perjalanan akan lebih fokus pada relief dan menggali informasi tentang kerajaan dan sejarah Buddha di Indonesia, melalui bukti sejarah pada bangunan Candi ini.

  • Joglosemar Historic Trail

Merupakan perjalanan sejarah, yang akan mengupas semua tentang joglo dan hal-hal sejarah di kawasan candi.

  • Buddhist Pilgrimage

Bisa juga disebut sebagai wisata religi, untuk melihat keagungan Buddha yang jejak perjalanan penyebaran agama Buddha di Indonesia terutama di kawasan Jawa. 

  • Edu Trail

Lain lagi dengan pola perjalanan yang lebih menitikberatkan pada edukasi, jadi kebanyakan dipilih untuk karyawisata sekolah hingga perguruan tinggi.

  • The Classical Indonesia Batik Route

Mau melihat bagaimana perjalanan batik sehingga menjadi salah satu ikon budaya Indonesia, bisa didapat informasinya lewat pola perjalanan yang satu ini. Kamu akan dibuat terkagum-kagum, dengan fakta seputar karya seni anak negeri yang sudah mendunia.

Apa Saja Kegiatan Selama Wisata Candi Borobudur Trail of Civilization?

Berbagai kegiatan akan dilakukan, jika kamu memilih salah satu rute dan pola perjalanan di atas. Kamu juga akan lebih kenal apa itu Candi Borobudur dari berbagai sudut pandang. Tapi, Secara garis besar relatif sama, yaitu:

  • Bercocok Tanam

Para wisatawan akan mencoba sensasi bagaimana rasanya bercocok tanam, melalui kegiatan membajak swah hingga menanam padi yang disediakan pengelola.

  • Kunjungan ke Sentra Produksi Gabah

Akan ada perjalanan ke kawasan sentra gabah di sekitar Candi Borobudur, melihat bagaimana gabah bisa diproduksi dari tanaman padi hingga siap untuk dipasarkan.

  • Main Alat Musik Gamelan

Mau belajar alat musik khas Jawa seperti gamelan? Akan ada sesi belajar alat musik, didampingi instruktur yang sudah berpengalaman.

  • Naik Delman

Sebagai salah satu kendaraan tradisional di kawasan Jawa Tengah, kamu juga akan merasakan sensasi naik delman di kawasan candi. Tentunya sambil mengagumi keindahan candi dan pemandangan di sekitarnya.

  • Pakai Transportasi VW Safari

Jika mau pakai VW safari yang disediakan, juga akan memberikan pengalaman wisata budaya dan sejarah yang menyenangkan.

  • Yoga

Mencoba yoga untuk relaksasi? Kenapa tidak! Kamu bisa memanfaatkan fasilitas yoga ini, jika memilih salah satu rute perjalanan wisata Candi Borobudur ini.

  • Membuat Gerabah

Membuat kerajinan gerabah, juga akan menjadi bagian penting dari perjalanan wisata di Borobudur.

  • Menginap di Kawasan Sekitar Candi

Tersedia penginapan yang saat ini dikelola oleh Balkondes ( Balai Ekonomi Desa), untuk tempat istirahat kalau sudah capek jalan-jalan di kawasan candi.

Apa Keunggulan Dari Candi Borobudur Trail of Civilization?

Jika dibandingkan dengan wisata standar yang biasa dilakukan di kawasan Candi Borobudur, ada keunggulan jika memanfaatkan program ini. Mulai dari merasakan perpaduan wisata edukasi, storytelling, hingga entertainment.

Menjadi ajang promosi kembali objek wisata di Jawa Tengah tersebut, bahkan rencananya akan bebrkembang ke berbagai destinasi wisata prioritas di Indonesia.

Keuntungan yang juga tak bisa diabaikan, tentu akan dirasakan oleh masyarakat sekitar kawasan wisata. Dimana wisatawan akan lebih banyak bertransaksi dengan mereka, seperti membeli makanan hingga mencari penginapan yang murah dan nyaman.

Sudah siap untuk mencoba sensasi baru wisata Candi Borobudur, melalui program Trail of Civilization. Akan banyak informasi sejarah, edukasi, tentunya wawasan penting yang bakal kamu dapatkan. Tidak percaya?