Karena usia yang semakin bertambah, tentu lansia memiliki ketahanan tubuh yang cenderung menurun. Oleh karenanya, para lansia memiliki risiko terkena masalah kesehatan yang lebih tinggi meskipun dengan sebab yang cenderung sepele. Nah, konsumsi aneka makanan penambah imun tubuh bagi lansia menjadi hal penting yang harus dilakukan.

Dengan mengonsumsi aneka makanan tersebut nantinya imun seorang lansia akan cenderung terjaga. Tentu, dengan imun yang terjaga, maka kesehatan tubuh lansia nantinya juga akan lebih baik dan tidak mudah sakit.

Lantas, apa saja makanan penunjang imun yang perlu dikonsumsi untuk lansia?

  • Brokoli

Brokoli menjadi salah satu makanan yang sangat disarankan untuk dikonsumsi ketika seorang lansia ingin menjaga imun tubuh mereka. Sayuran hijau ini memiliki kandungan vitamin serta mineral yang cukup banyak.

Ya, ada vitamin A, C dan E pada brokoli yang akan menjaga metabolisme tubuh. Tidak hanya itu, brokoli juga memiliki kandungan serat serta antioksidan yang cukup tinggi sehingga bisa memenuhi kebutuhan harian lansia.

  • Bayam

Berbincang tentang sayuran hijau, bayam adalah salah satu sayuran hijau yang sangat populer dan banyak menjadi pilihan konsumsi. Faktanya, bayam memang baik dikonsumsi terutama untuk kalangan lansia guna menjaga kesehatan tubuh mereka.

Pada sayuran hijau ini terdapat beragam jenis nutrisi yang berbeda. Beberapa nutrisi seperti vitamin C, vitamin E, flavonoid dan lainnya terdapat dalam setiap helai bayam. Selain bergizi, sayuran ini juga memiliki rasa yang cukup enak dan mudah dimasak apa saja.

  • Jahe

Jahe juga termasuk makanan penambah imun tubuh yang cocok dikonsumsi oleh lansia. Herbal yang satu ini memiliki beragam kandungan menyehatkan yang secara alami bisa diandalkan untuk mengobati flu, radang tenggorokan juga meningkatkan imun. Dalam hal ini, jahe bisa dibuat menjadi minuman yang menyehatkan.

  • Kiwi

Makanan lain yang cocok dikonsumsi untuk menambah imun tubuh bagi lansia adalah kiwi. Diantara aneka buah yang biasa dikonsumsi untuk menjaga kesehatan, kiwi termasuk salah satu buah yang terbaik dan disarankan.

Hal ini dikarenakan kiwi memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi untuk menjaga imun tubuh. Dengan kebutuhan vitamin C yang terpenuhi maksimal, metabolisme tubuh nantinya akan semakin baik dan tubuh cenderung lebih kuat melawan risiko gangguan kesehatan.

  • Yoghurt

Memiliki rasa yang cukup nikmat, yoghurt juga bisa dijadikan opsi untuk meningkatkan imun bagi para lansia. Hal ini dikarenakan yoghurt memiliki kandungan vitamin D yang akan meningkatkan metabolisme tubuh dan menguatkan imun. Tidak hanya itu, yoghurt juga tetap aman meskipun dikonsumsi setiap hari.

Beberapa makanan penambah imun tubuh di atas bisa menjadi pilihan untuk menjaga kesehatan bagi para lansia. Tentu, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, aneka makanan tersebut harus dikonsumsi secara teratur.