5 Tips Membimbing Anak agar Tumbuh Pintar

Melihat anak tumbuh dengan sehat dan pintar sudah pasti harapan para orangtua. Hal ini bisa dicapai jika memang orangtua memberikan dukungan sekaligus arahan yang tepat. Nestle Indonesia mendukung semua orangtua untuk memberikan bimbingan terbaik kepada anak-anaknya agar bisa tumbuh sehat juga pintar.

Membimbing Anak Pintar

Apa saja yang bisa dilakukan orangtua agar anaknya bertumbuh dengan pintar? Ingat, pertumbuhan dan perkembangan anak jelas sangat dipengaruhi oleh peran orangtua sehingga Anda harus sangat berhati-hati. Berikut adalah beberapa tips membimbing anak agar bisa tumbuh pintar:

1. Berikan Asupan Gizi Lengkap

Penting untuk dipahami bahwa perkembangan otak dan kecerdasan si kecil sangat dipengaruhi oleh kecukupan gizinya. Pastikan anak mengonsumsi makanan penuh gizi setiap hari. Lengkapi dengan sayur dan buah untuk memenuhi kebutuhan vitaminnya. Anda juga bisa memberikan susu formula bergizi lengkap dari Nestle Indonesia untuk mendukung kecukupan gizi si kecil.

2. Kenali Minat Belajar Anak

Setiap anak punya minat belajar yang sangat beragam. Anda sebaiknya tidak memaksakan si kecil untuk mempelajari bidang yang tidak cocok dengan minatnya. Cari tahu apa yang disukai si kecil dan berikan fasilitas agar ia bisa mempelajari bidang tersebut lebih luas lagi. Jika anak mempelajari bidang yang sesuai dengan minatnya maka akan jauh lebih mudah untuk mengembangkan potensi yang dimiliki.

3. Biasakan Membaca Sejak Dini

Membaca merupakan salah satu jalan untuk menemukan beragam jenis pengetahuan. Ajarkan anak kebiasaan membaca ini sedini mungkin. Bahkan sejak masih bayi pun Anda sudah bisa memperkenalkan anak dengan aktivitas membaca. Bacakan buku untuk si kecil setiap malam. Ajak anak untuk membuka buku bacaan dan mengeksplorasi gambar maupun tulisan yang ada di sana.

4. Asah Kreativitas

Penting sekali bagi orangtua untuk mengasah kreativitas si kecil dengan cara yang beragam. Sayangnya banyak orangtua yang membatasi kreativitas anak karena takut kotor dan lain sebagainya. Ajak anak melakukan aktivitas yang bisa membuat kreativitasnya berkembang. Tak apa jika harus kotor-kotoran misalnya dengan mengajak anak untuk membuat lukisan dari cat warna.

5. Berikan Penghargaan

Jangan lupa untuk selalu memberikan pujian atau penghargaan dalam bentuk apapun kepada si kecil saat ia berhasil mencapai sesuatu. Di setiap tahap pertumbuhannya, pasti akan selalu ada hal baru yang berhasil diraih olehnya. Usahakan untuk memberikan apresiasi terbaik agar si kecil semakin bersemangat untuk meraih prestasi yang lain.

Itulah tadi 5 tips membimbing anak agar tumbuh pintar. Anda bisa membimbing si kecil ditemani produk-produk terbaik dari Nestle Indonesia. Penuhi kebutuhan gizi anak dan ajak mereka untuk mengeksplorasi banyak hal. Tak perlu memaksa, biarkan anak mengembangkan kecerdasan dan keterampilan yang ia miliki dengan caranya sendiri.